Friday, March 24, 2017

Alasan Kenapa Traveller Harus Punya Travel Blog

Travel Blogger
gue ingat kalau gue dulu pernah pergi ke pantai, gue juga masih ingat kalau dulu gue pernah pergi ke jogja, dan yang paling gue ingat, gue dulu pernah nyolong duit emak buat main ke warnet depan rumah. Ya! gue ingat banget kalau gue pernah ngelakuin itu hahaha, tapi yang gue gak ingat adalah waktu travelling disana tuh gue ngapain ajaaa..., ya, gue lupa sama apa yang pernah gue lakuin waktu dulu travelling ke pantai ataupun jogja. bukan cuman itu aja, sebenarnya masih ada banyak!

Menurut gue dulu, travelling itu cuman buat liburan semata doang, tapi sekarang gue punya pemikiran bahwa travelling itu adalah proses pencarian jati diri bukan hanya liburan semata, dengan travelling gue bisa merasakan kepuasan yang lebih enak daripada onani makan ikan bakar direstoran-restoran. jati diri disini yang gue maksud adalah kesukaan kita terhadap sesuatu.

kata emak gue "Pengalaman adalah guru yang terbaik"

jadi karena itu gue melakukan travelling, yang tidak lain untuk menambah pengalaman dan pengetahuan gue,

Tapi apa lo ingat semua pengalaman lo waktu travelling?, enggak kan?, nah karena itu gue saranin buat lo yang hobi banget sama travelling tapi pelupa kayak gue, lo wajib punya travel blog!, gue kasih alasannya juga nih :

1. Manusia Itu Pelupa, Makanya lo butuh tempat buat menyimpan pengalaman lo waktu travelling, Travel Blog Salah Satunya


"Oi cup, habis lampu merah, terus belok kemana buat sampai ke pantainya?"
"kekanan mungkin, tanya ajalah sama warga sekitar, gue lupa. udah lama soalnya"
"kampret lo emang!"

Begitulah percakapan gue dengan teman gue. gue yang nyaranin teman gue kesitu tapi waktu ditanya tempatnya kemana, gue malah lupa. Yang kita dapatkan dari travelling bukan hanya liburan semata tetapi pengalaman juga bisa kita dapatkan, dan semakin banyaknya pengalaman travelling gue, gue pun mulai lupa dengan pengalaman-pengalaman gue dulu.

Nah buat lo yang pelupa, lo bisa buat travel blog ini agar semua pengalaman travelling lo gak akan terlupakan. ide yang bagus kan sob?

2. Bisa Jadi Refrensi Buat Para Traveller Lainnya


Dengan menuliskan pengalaman lo ke travel blog ini, lo juga udah berbagi pengalaman lo kepada traveller lainnya, Pasti banyak tuh orang-orang yang lagi nyari refrensi tempat-tempat yang bagus buat travelling, nah siapa tau aja tuh orang nyasar ke blog lo ini. secara tidak langsung lu dapat pahala juga sob karena bantu orang, hahaha.

Kalo tulisan lo bagus, mungkin tidak hanya sekali atau dua kali mereka mampir ke blog lo, tapi bisa aja jadi pembaca setia wkwkwk, kan lumayan juga punya fans, hahaha. dan yang paling enak, lo bisa aja diajakin travelling gratis sama fans-fans lo itu! wihh mantap kan...

3. Travel Blog Juga Bisa Jadi Penyemangat Waktu Lo Gak Ada Kegiatan Travelling!


Ya kayak gue ini salah satunya, bulan ini gak ada kegiatan travelling sama sekali, gue jadi kurang semangat hidup, apa gue bolos sekolah lagi aja buat ngetrip hahaha. bisa-bisa kagak naik kelas juga gue kalau kebanyakan bolos. Tapi gak papa, meski bulan ini gak ada jadwal travelling, dengan melihat blog gue aja gue udah jadi semangat lagi, gue jadi ingat lagi kenangan-kenangan gue waktu lagi ngetrip maupun waktu lagi travelling. 

Dengan ngelihat tulisan-tulisan kisah gue diblog gue ini, gue jadi lebih semangat buat ngelakuin travelling, gue jadi lebih nafsu buat bisa travelling lagi! hahaha. kadang kalau kangen sama hijaunya pemandangan gunung, gue buka blog gue, gue lihat cerita gue lagi naik gunung, gue lihat komentarnya, semua yang ada diblog gue ini bisa bikin gue jadi lebih semangat travelling lagi deh pokoknya!

4. Secara Tidak Langsung, Lo Juga Mempromosikan Tempat-Tempat Kece Yang Ada Dinegeri lo ini


"bagus banget ya di Nusa Penida ini, gue masukin ke blog ah, kali aja bisa buat refrensi traveller lain"

Ketika lo buat artikel tentang Nusa Penida contohnya. di artikel, lo ngebahas apa saja sih bagusnya Nusa Penida?, apa sih yang unik dari Nusa Penida?, misalnya saja di Nusa Penida banyak cewek lagi telanjang buat berjemur, no problem. Kalau menurut lo itu unik tulis aja!. dengan begitu lo itu secara tidak langsung sudah mempromosiin Nusa Penida ke orang-orang buat dikunjungi.

5. Buat Pamer juga bisa Sob!


Gue tanya sama kalian, Siapa sih yang gak nyepam foto jalan-jalan di instagram kalau habis jalan-jalan?,  awalnya gue juga begitu, habis jalan-jalan langsung upload Instagram, tapi lama-lama gue juga bosan karena di Instagram gue itu gak bisa nyeritain pengalaman gue, jadi buat apa kalo cuman pamer foto doang?, nah mulai saat itu gue terpikir untuk membuat travel blog ini, yang tidak lain adalah untuk pamer share pengalaman gue, hahaha.

6. Travel Blog Juga Bisa Buat Nambah Teman Traveller


Gak cuman buat pamer, tapi bisa juga buat nambah teman traveller sob. Kalau blog lo sudah terkenal dan sudah banyak pengunjungnya setiap hari, pasti blog lo bakal dibuat ngebacod tentang masalah-masalah travelling, hahaha. blog lo pasti bakal dijadikan tempat nimbrung alias ngomongin hal-hal yang berkaitan tentang travelling oleh para travel blogger lainnya. dengan lo ikut ngebacod dikomentar, lo dan mereka bakal terjalin tali persaudaraan yang lama-kelamaan keakraban akan mulai terjalin. Dengan begitu lo bakal bisa nambah teman, teman sesama traveller dan teman sesama travel blogger!

7. Siapa Tau Bisa Ikutan Kontes Atau Lomba


Buat lo yang pingin banget jalan-jalan gratis, lo bisa ikutan lomba travel blog, hadiahnya gak cuman jalan-jalan didalam negeri doang, pasti ada yang hadiahnya sampai jalan-jalan ke luar negeri juga sob. bayangin aja lo jalan-jalan gratis ke luar negeri, kalau gue menang dan bakal jalan-jalan ke luar negeri, gue sih pinginnya cepat-cepat update blog gue, buat share pengalaman sekalian pamer! hahaha.

Gak cuman lomba aja, kalau travel blog lo bagus dan sudah banyak pengunjungnya, mungkin saja travel blog lo bisa dapet sponsor atau endorsment dari perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang travel. Kalau sudah begini, jalan-jalan gratis setiap hari bukanlah tidak mungkin sob.

8. Mungkin Saja Bisa Dijadikan Buku, Lalu Di Jual Buat Modal Travelling


Lo tau gak Buku diatas ini milik siapa?, Buku ini miliknya om adis atau om takdos si backpacker gembel, bukannya ngejek tapi emang biasa di panggil seperti itu, om adis ini adalah seorang travel blogger yang pernah berkeliling dunia dengan budget yang sangat minim. Sesuai panggilannya si backpacker gembel, dia rela tidur dimana aja cuman buat menghemat uang agar bisa travelling dengan budget seminim mungkin.


Percaya gak percaya, si om adis ini pernah keliling 5 negara asia tenggara dengan budget 2.7 juta!. Murah gile tuh, gue juga kepingin anjing!, 2.7 juta mungkin kalau buat lo cuman bisa keliling aja sob?, gak cuman buku "Koar Koar Backpacker Gembel" aja, si om adis ini juga punya buku lagi yang namanya "Whatever i'm backpacker", Gaya tulisannya yang gokil ini ngebuat para pembacanya bisa tertawa-tertawa, si om adis ini adalah inspirasi sejak gue ngebuat travel blogger ini.

Buat yang mau ke blognya om adis nih gw kasih linknya ---> Whateverbackpacker.com

Itulah mengapa traveller itu harus punya travel blog, karena weekend ini gue lagi gak ada acara pergi-pergi, jadi gue sempatin aja buat update blog, rencana jalan-jalan gue kejogja pun kayaknya juga bakal gak jadi, huehuehue. sedih gue kalau udah kayak begini.

Jadi, Kenapa gak coba buat travel blog?

9 comments:

  1. Bener bangets! Dulu ketika jalan2 ngapain sj paling yg diinget cuman beberapa persen saja. Siip gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, maka dari itu saya bikin artikel ini, semoga bisa menjadi inspirasi

      Delete
  2. Bener bngt banyak manfaatnya. Dan buat pamer :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling penting emang buat pamer, hahaha

      Delete
  3. Satu lagi yang menggoda yaitu bisa jadi duit min hahaah

    ReplyDelete
  4. hahaha, setuju gan, itung itung buat catatan dimasa depan, bisa dibaca anak cucu juga.

    ReplyDelete