Saturday, May 27, 2017

Tugu Pahlawan, Merdeka Ataoe Mati!

Tugu Pahlawan

Tanggal 10 November 1945

Setelah habisnya waktu ultimatum, Inggris mulai menggempur Surabaya dengan seluruh armada darat, laut, dan udara. Pemboman secara brutal di hari pertama telah menimbulkan korban yang sangat besar.

Di pasar Turi, ratusan orang tewas dan luka-luka. Sayur mayur berserakan dijalanan, Satpol PP yang bertugas mengusir pedagang liar pun juga ikut dibuat kaget karena Inggris ikut serta membantu mengusir para pedagang liar. Gue salut sama tentara inggris karena udah ngebantu tugas Satpol PP buat ngusir pedagang liar tapi di lain sisi gue juga marah sama Inggris karena mereka mengusir dengan cara yang salah yaitu dengan melakukan pemboman secara brutal.

Tidak tinggal diam, mereka melakukan perlawanan atas serangan tersebut. Pertempuran yang tidak seimbang selama tiga minggu telah mengakibatkan sekitar 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, sebagian besar adalah pedagang sayur pasar turi. Selain itu, diperkirakan 150.000 orang terpaksa meninggalkan kota Surabaya, bukan karena apa tapi karena pasar turi sudah hancur di bom bardir oleh inggris. Hal ini membuat warga surabaya yang mayoritas pedagang pergi kekota lain untuk berdagang.

"Oi cup!, lu kalo nyeritain tentang sejarah yang benar dong!"

Oke, tadi malam gue barusan mimpi jadi pedagang tukang sayur di pasar turi, waktu gue lagi dagang tomat tiba-tiba ada ledakan, gue kaget karena gue kira ini kutukan dari Tuhan karena tomat yang gue jual rata-rata ada ulatnya, tapi ternyata bukan kutukan melainkan serangan dari tentara inggris, dan dduuuuarrrrr!!! gue kena bom dan langsung bangun dari mimpi.

Gue ingat waktu dalam mimpi, ini adalah perang 10 November 1945 yang terjadi di Surabaya, dan waktu gue bangun ada tugas film yang hilang. dan itu mengharuskan gue nugas film lagi padahal besok udah puasa. dan yap sampailah gue di Tugu Pahlawan ini. ternyata gak salah gue mimpi jadi tukang sayur muehehehe

Merdeka Ataoe Mati!

Tugu Pahlawan ini adalah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Tinggi monumen ini adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945.

Yang gue suka dari Kota Surabaya ini adalah sejarahnya yang khas tentang perjuangan pemuda pemudi untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia ini, salah satu bukti adalah tulisan "Merdeka Ataoe Mati" di Tugu Pahlawan ini.

Patung Proklamator

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, di mana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

Didepan area masuk Tugu Pahlawan ada sebuah patung, ini adalah patung proklamator Ir. Soekarno dan Moh. Hatta yang legendaris, kenapa gue bilang legendaris karena mereka adalah orang yang terpilih menjadi presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia. dan mereka adalah legenda yang nyata bukan seperti film-film atau cerita-cerita legenda yang keasliannya belum teruji benar.

Museum Sepuluh Nopember
Di bagian Timur Laut Tugu Pahlawan ada sebuah museum, namanya Museum Sepuluh Nopember. tapi sayang seribu sayang gue belom pernah mampir kesini, kemarin waktu nugas film di Tugu Pahlawan teman-teman gue langsung pergi setelah selesai take film, agak menyesal juga sih karena gak bisa sekalian masuk kesini.

Sebuah museum yang berada di dalam tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter ini berguna untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid.



Lokasi Tugu Pahlawan

Monumen ini berada di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan Surabaya, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Berdiri di atas tanah lapang seluas 1,3 hektare, dan secara administratif berada di wilayah Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya.

Ternyata hasil foto gue bagus juga, padahal pake hp



Aslinya sih gue ganteng, Tapi karena gue gak mau ada perbedaan diantara kita berempat maka gue foto dengan muka jelek aja. biar samaan semua mukanya hahahaha.

Lagi ketagihan sama wisata sejarah nih, oh iya gue rencana puasa ini mau backpacker ke bandung. doain semoga jadi berangkat yaa....

No comments:

Post a Comment